7 Peristiwa Yang Terjadi Pada Bulan Muharram

SHARE

Tahun baru Hijriyah, tepat pada 1 Muharram dalam sejarahnya dikaitkan dengan peristiwa hijrahnya Nabi Muhammad SAW dari Makkah ke Madinah.

Namun sebenarnya, ada sejumlah peristiwa penting lain dalam sejarah nabi-nabi yang terjadi pada Bulan Muharram ini, terutama hari Asyura tepat hari ke-10 Muharram. Meskipun, cerita itu terjadi jauh berabad-abad sebelumnya.

Namun Muslim mempercayai, semua peristiwa tersebut merupakan pelajaran yang amat berharga bagi generasi selanjutnya untuk memilih mana yang baik lalu harus diikuti dan mana yang buruk lalu ditinggalkan.

Hari sepuluh Muharram atau hari Asyura misalnya. Bagi ummat Islam tanggal itu merupakan hari bersejarah. Menurut beberapa riwayat disebutkan, banyak peristiwa penting terjadi di hari itu pada masa yang lalu.

Peristiwa-peristiwa penting itu di antaranya disebutkan sebagai berikut:

 

  1. Nabi Adam 'alaihissalam bertobat kepada Allah dari dosa-dosanya dan tobat tersebut diterima oleh-Nya.
  2. Berlabuhnya kapal Nabi Nuh di bukit Zuhdi dengan selamat, setelah dunia dilanda banjir yang menghanyutkan dan membinasakan.
  3. Selamatnya Nabi Ibrahim 'alaihissalam dari siksa Namrud, berupa api yang membakar.
  4. Nabi Yusuf 'alaihissalam dibebaskan dari penjara Mesir karena terkena fitnah.
  5. Nabi Yunus 'alaihissalam selamat, keluar dari perut ikan hiu.
  6. Nabi Ayyub 'alaihissalam disembuhkan Allah dari penyakitnya yang menjijikkan.
  7. Nabi Musa 'alaihissalam dan umatnya kaum Bani Israil selamat dari pengejaran Fir’aun di Laut Merah. Beliau dan umatnya yang berjumlah sekitar lima ratus ribu orang selamat memasuki gurun Sinai untuk kembali ke tanah leluhur mereka.

 

Bulan Muharram merupakan salah satu bulan istimewa dan dimuliakan oleh Allah SWT. Di bulan ini, umat Islam dianjurkan untuk memperbanyak amalan-amalan dan ibadah. Dalam Kitab I’anatut Tholibin disebutkan, pada hari Asyura banyak terjadi peristiwa besar di antaranya diterimanya taubat Nabi Adam as, diselamatkannya Nabi Musa dari kejaran Fir’aun di Laut Merah, diampuni dosanya Nabi Muhammad sebelum dan sesudahnya, dan diselamatkannya Nabi Nuh dari bencana banjir besar.

Semoga kisah - kisah diatas dapat menambah keimanan dan ketaqwaan kita.