Pesantren Ramadhan SMPIT Al-Madinah 2023

Pesantren Ramadhan SMPIT Al-Madinah 2023

Sekolah Islam Terpadu Al-Madinah meyelenggarakan kegiatan Pesantren Kilat Ramadhan atau biasa disebut Sanlat Ramadhan, yang berlangsung selama tiga hari yakni mulai tanggal 10 April 2023 hingga 13 April 2023.

Hari pertama Sanlat Ramadhan di SMPIT Al-Madinah disambut oleh Kepala Sekolah SMPIT Al-Madinah Bapak Supriadi, M.Pd dan dibuka oleh Direktur Imtaq Ustad Suprayetno, M.Pd.I.

Dalam kegiatan Sanlat kali ini, siswa-siswi dibagi perkelompok dari kelas yang berbeda, dengan tujuan mereka dapat bersosialisasi dan membangun kerja sama tim yang baik.

Kegiatan Sanlat diawali dengan sholat Duhah berjamaah, dzikir pagi, dan dilanjut tadarus bersama. Tadarus dilakukan secara berkelompok dengan guru pendamping masing-masing. Kemudian para siswa-siswi kelas 7 dan 8 diarahkan menuju Aula Asri 3 untuk mendengarkan dan menyimak materi Puasa Ramadhan yang disampaikan oleh Bapak Ahmad Fauzi, S.Pd, dan Ibu Silvia Ulfah, S.Pd. Sedangkan siswa-siswi kelas 9 diarahkan ke Aula SMP untuk mendengarkan dan menyimak materi Keutamaan Alqur’an dan Nuzulul Qur’an dari Bapak Ahmad Junaedi, S.Pd, dan Bapak Ahmad Saefi Zulfikar, S.Pd.

Dihari kedua Sanlat seperti biasa diawali dengan sholat Duhah berjamaah, dzikir pagi, dan tadarus. Kemudian para siswa mengikuti kegiatan Nobar (Nonton Bareng) Makin Cakap Digital, yang diadakan oleh Dinas Perpustakaan dan kemudian dilanjut dengan pemberian materi Sanlat oleh pengisi materi.

Dihari ketiga yang termasuk puncak acara Rabu 12 April 2023, seperti biasa diawali dengan pembiasaan pagi sholat duhah, Dzikir, dan tadarus dilanjut dengan pemberian materi dari Ustad Suprayetno, M.Pd mengenai Akhlak dalam Bersosial Media. Dilanjut dengan kegiatan lomba Sanlat. Adapun lomba tersebut LCC PAI, Lagu Islami, Syahril Qur’an, dan Rangking 1. Seluruh siswa-siswi wajib mengikuti lomba sebagai wujud partisipasi dalam kegiatan Sanlat termasuk juga guna meningkatkan kreatifitas dan kepercayaan diri mereka.